evynathyna

Just another WordPress.com site

Pengalaman menjadi Pembina May 30, 2012

Filed under: tugas softskill — evynathyna @ 11:30 am

di gereja saya setiap hari sabtu setelah selesai kebaktian, kami mempunya kelas khusus untuk anak-anak dan anak muda di gereja. Di kelas ini ada beberapa club yang harus dilalui. Club yang paling kecil adalah kelas eager beaver, kemudian adventurer, pathfinder dan yang tertinggi adalah kelas calon master guide.
Adventurer memiliki 4 kelas yang harus dijalani, yaitu kelas lebah rajin, sinar matahari, pembangun dan kelas tangan menolong. Club adventurer diikuti oleh anak-anak kelas 1 sampai kelas 4 SD.
Club pathfinder dimulai dari kelas 5 SD sampai kelas 1 SMA. Pada club pathfinder terdapat beberapa kelas, yaitu kelas sahabat, teman, penjelajah, penyelidik, perintis, dan pemimpin. Club tertinggi adalah club calon master guide ( pemimpin utama). Calon master guide adalah kelas terakhir yang harus diikiuti. Kelas ini bisa ikuti oleh siapa pun mulai dari usia 15 tahun sampai seterusnya. Bagi yang telah menyelesaikan kelas master guide maka ia bisa menjadi pembina bagi kelas yang ada.
     foto penamatan kelas calon master guide 2011
Setiap akhir tahun kami mengadakan penamatan untuk setiap jenjang kelas yang ada. Sehingga pada tahun selanjutnya semua yang telah tamat bisa naik ke kelas selanjutnya.
Tahun lalu saya sudah tamat kelas calon master guide dan sekarang telah menyandang gelar master guide. Namun setelah menyandang gelar master guide saya memiliki tugas yang harus dilaksanakan yakni menjadi pembina club adventurer, atau lebih tepatnya kelas pembangun.
Sejak Februari 2012 lalu saya mulai mengajar di kelas pembangun, dimana muridnya adalah anak kelas 3 SD. Sejak menjadi pembina, saya sedikit mengetahui seberapa besar beban yang dimiliki oleh guru. Mengajar anak kelas 3 SD ternyata tidak mudah. Ada 8 anak yang harus saya ajari. Terkadang saya mengajar 2 kelas sekaligus, apabila ada pembina yang tidak hadir.
Anak-anak di usia mereka cenderung sangat aktif, sehingga saya sering kewalahan menghadapi mereka. Kelas tidak pernah sepi, karena mereka selalu ngobrol atau bercanda walaupun saya telah memberikan mereka tugas. Pada suatu hari saya pernah marah pada mereka dan mengancam tidak akan menjadi pembina mereka lagi. Namun, setelah saya mengatakan itu mereka langsung meminta maaf dan memeluk saya agar tetap menjadi pembina mereka.
Pada dasarnya mereka adalah anak-anak yang pintar dan lucu. Walaupun setiap kali kelas penuh dengan teriakan mereka tapi selalu ada tindakan mereka yang membuat tertawa. Sekarang mereka sangat dekat dengan saya. Dari semua pembina yang ada mereka lebih berani meminta kepada saya agar kelas kemajuan diadakan di luar ruangan.
Sekali sebulan kami mengadakan kelas di luar ruangan. Sudah 4 bulan kami melaksanakan kelas kemajuan. Bulan depan kami akan mengunjungi panti asuhan dan mengajak anak-anak bermain di alam bebas. Dan pada bulan juli atau agustus mendatang kami akan mengadakan Camping khusus club adventurer se-Indonesia bagian barat. Dan akhir juni mendatang club pathfinder akan mengadakan camping se-Indonesia.

 

Leave a Reply

