evynathyna

Just another WordPress.com site

CPR April 8, 2012

Filed under: Uncategorized — evynathyna @ 3:53 pm

CPR (cardiopulmonary resuscitation) yang dalam bahasa Indonesianya berarti Resusitasi Jantung Paru atau disebut juga dengan napas buatan adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. CPR bertujuan untuk membuka kembali jalan nafas yang menyempit atau tertutup sama sekali. CPR sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, terkena serangan jantung, sesak napas karena syok akibat kecelakaan, terjatuh, dan sebagainya.
Dalam melakukan CPR ada rumus dasar yang harus kita lakukan, yaitu:
D”Danger” (bahaya)
R”Respon”(respon)
A”Airway”(jalan napas)
B”Breathing”(bantuan napas)
C”Circulation”(bantuan sirkulasi)
D”Defibrilation”(terapi listrik)
D (danger)
Prosedur awal yang harus dilakukan bila kita hendak menolong orang adalah memperhatikan keselamatan diri sendiri dan korban dengan memperhatikan/mendeteksi kondisi bahaya dengan memperhatikan situasi korban dan sekeliling korban.
R(respon)
Setelah kita memastikan tidak ada bahaya yang akan terjadi apabila kita akan menolong korban, selanjutka cek keadaan korban. Apakah korban sadar atau tidak dengan cara memanggil korban atau dengan menepuk bahunya.
A(airway)
Letakkan pasien secara terlentang pada tempat yang kokoh. Berlututlah di dekat pipi dan bahu pasien Bukalah jalan udara pasien dengan memiringkan kepala ke belakang-mengangkat dagu. Letakkan telapak tangan anda pada dahi pasien dan dengan halus dorong ke bawah. Lalu tangan satunya gerakkan dagu ke depan untuk membuka jalan udara. periksa nadi korban. Periksa napas normal, dalam waktu tidak lebih dari 10 detik: perhatikan gerakan dada, dengarkan bunyi napas, dan rasakan napas pasien di pipi dan telinga anda. Jangan mengira bahwa hembusan napas pasien berupa napas normal. Bila pasien tidak bernapas secara normal atau anda tidak yakin, mulailah pernapasan mulut ke mulut.
B(breathing)
Breathing merupakan bantuan dengan memberikan napas buatan. Dengan jalan udara terbuka (memiringkan kepala ke belakang-mengangkat dagu), jepit hidung pasien untuk pernapasan mulut ke mulut lalu tutupi mulut pasien dengan mulut anda.
Siapkan diri anda untuk memberikan 2 napas. Berikan napas pertama (tahan selama 1 detik) lalu perhatikan apakah dada naik, Jika tidak naik maka berikan napas kedua. Jika dada tidak naik, ulangi memiringkan kepala ke belakang-mengangkat dagu, lalu berikan pernapasan kedua.
C(circulation)
Memulihkan sirkulasi darah 1. Letakkan bagian dalam salah satu tangan anda di atas bagian tengah dada pasien. Taruhlah tangan lainnya di atas tangan yang pertama. Jaga siku anda lurus dan posisi bahu anda tepat di atas tangan anda.
2. Gunakan berat badan bagian atas (tidak hanya lengan anda) ketika anda mendorong ke bawah (menekan) dada 4 –5,5 cm. Setelah 30 tekanan, miringkan kepala ke belakang-angkat dagu untuk membuka jalan udara. Bersiaplah untuk memberikan 2 pernapasan penyelamat. Jepit ujung hidung dan berikan napas ke mulut pasien selama 1 detik. Jika dada naik berikan napas kedua. Jika tidak naik, ulangi memiringkan kepala ke belakang-mengangkat dagu dan berikan napas kedua. Itu satu siklus. Jika ada orang lain selain anda, minta orang tersebut berikan dua napas setelah anda melakukan 30 tekanan. Lakukan sebanyak 5 siklus. Apabila korban sudah sadar, letakkan tangan kiri korban sejajar dengan telinga, kemudian tangan kanan korban letakkan di telinga kiri, kemudian miringkan badan korban.
D(defibrilation)
Yaitu terpi dengan menggunakan energy listrik. Tapi teknik ini belum dapat dilakukan di Indonesia. Di beberapa Negara biasanya alat ini di tempatkan di tempat umum sehingga dapat langsung digunakan ketika dibutuhkan. Namun di Indonesia alat ini belum tersedia
Sampai kapan kita melakukan CPR?
1. Apabila korban sudah sadar
2. Apabila bantuan medis telah datang
3. Apabila kita capai

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s