evynathyna

Just another WordPress.com site

CINTA May 23, 2011

Filed under: Uncategorized — evynathyna @ 4:07 pm

Seorang psikolog yang juga wartawan yang banyak menulis tentang kesehatan mental dan tingkah laku di Boston, Rochelle Semmel Albin, mendefinisikan cinta sebagai emosi yang membawa kebahagiaan terbesar dan perasaan puas yang sangat dalam. Jika kita mencintai orang lain, kita akan senang bergaul dengannya, sangat peduli padanya dan ingin selalu dekat dengannya. Cinta dalam hubungan antar lawan jenis yang akan menyiapkan diri menjadi pasangan adalah hubungan yangsaling memberi dan menerima, saling menghargai satu dengan yang lainnya.. Cinta membuat orang tidak memaksakan kehendaknya terhadap orang yang dicintainya. Erich Form dalam bukunya yg berjudul The Art of Loving, mengatakan,” Untuk melaksanakan keempat unsur cinta yang sesungguhnya tidak cukup hanya bermodalkan perasaan, tetapi dibutuhkan kesadaran penuh, bahkan penalaran. Keempat unsur cinta tersebut adalah : care, responsibility, respect, dan knowlegde ( kepeduliaan, tanggung jawab, sikap hormat dan kesediaan mengenal, serta penerimaan apa adanya ).
Cinta terbagi menjadi 4
1. Agape : cinta yang berasal dari Tuhan untuk manusia, tidak mengharapkan balasan atau keuntungan, bahkan siap berkorban demi kebahagiaan umat yang dicintai-Nya.
2. Storge : cinta karena hubungan darah. Sifatnya mau membantu, memberi perhatian, tulus, dalam keadaan apapun, ingin melindungi dan saling mengampuni, seperti cinta kakak-adik, orangtua dan anak.
3. Filia : cinta persahabatan (teman). Tidak bermaksud mencari keuntungan untuk diri sendiri, terkait dengan tanggung jawab, perhatian, penghargaan dan kesadaran terhadap orang lain.
4. Eros : cinta berahi ( seks ). Sumbernya pada daya tarik seseorang yang bersifat pribadi dan bukan pada semua orang. Cinta eros menuntut hubungan yang khusus yang membawa pada penyatuan secara seksual> Contohnya cinta antara suami-istri.

Ciri-ciri orang yang sedang jatuh cinta :
1. Bila bertemu akan merasa gembira dan ingin selalu berada dekat dengannya. (perasaan canggung, bahagia, hatinya berdebar-debar, berbicara tersendat-sendat), tetapi jika berada di tempat berbeda atau jauh, selalu memikirkannya, membayangkan penampilannya, sering tersenyum sendiri, ada peasaan rindu, dan sebagainya.
2. Tidak tetarik pada orang lain, hanya dia, artinya menyukainya sebagai seorang pribadi, mengasihinya apa adanya, rela berkorban untuknya.
3. Mengalami perasaan aneh, sulit digambarkan, tetapi membuat yang bersangkutan merasa bersemangat, antusias, mendsorongnya untuk merencanakan hal-hal indah bersama orang yang dicintai.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s